Kamis, 24 Mei 2012

TAMBANG

METODA PENAMBNAG BAWAH TANAH 
A. Pengertian Tambang Bawah Tanah 

  Tambang bawah tanah adalah metode penambangan yang segala kegiatan atau aktifitas penambangannya dilakukan dibawah permukaan bumi, dan tempat kerjanya tidak langsung berhubungan dengan udara luar Metode penambang batubara sangat tergantung pada : - Keadaan geologi daerah antara lain sifat lapisan batuan penutup, batuan lantai batubara dan Struktur geologi. - Keadaan lapisan batubaradan bentuk deposit. latar belakang pemilihan tambang bawah tanah Latar belakang yang mempengaruhi dipilhnya penambangan dengan system tambang bawah tanah adalah :

 1. Perbandingan SR yang besar dan tidak ekonomis untuk ditambang menggunakan system tambang
      terbuka.
 2. Mineralisasi cadangan bahan galian membentuk cebakan yang secara spesifik harus ditambang     menggunakan system tambang bawah tanah.
 3. Daerah yang akan ditambang merupakan daerah hutan lindung.
4. Penambangan dengan system tambang bawah tanah tidak banyak merusak ekosistem yang ada di sekitar penambangan

. 1. METODE PENAMBANGAN SECARA TAMBANG DALAM

  Pada penambangan batubara dengan metode penambangan dalam yang peting adalah bagaimana mempertahankan lubang buka seaman mungkin agar terhindar dari kemungkinan - Keruntuhan atap batuan - Ambruknya dinding lubang (rib spalling) - Penggelembungan lantai lapisan batubara (floor heave). Kejadian tersebut diatas disebabkan oleh terlepasnya energi yang tersimpan secara alamiah dalam endapan batubara. Energi yang terpendam tersebut merupakan akibat terjadinya perubahan atau deformasi bentuk endapan batubara selama berlangsungnya pembentukan deposit tersebut. Pelepasan energi tersebut disebabkan oleh adanya perubahan keseimbangan tegangan yang terdapat pada massa batuan akibat dilaku kannya kegiatan pembuatan lubang-lubang bukaan tambang. Disamping itu kegagalan yang disebabkan batuan dan batubara itu tidak mempunyai daya penyanggaa di samping faktor-faktor alami dari keadaan geologi endapan batubara tersebut. Penambangan batubara secara tambang dalam kenyatannnya sangat ditentukan oleh ca ra mengusahakan agar lubang bukaan dapat dipertahankan selama mungkin pada saat berlangsungnya penambangan batubara dengan biaya rendah atau seekonomis mungkin. Untuk mencapai keinginan tersebut maka pada pembuatan lubang bukaan selalu diusa hankan agar : - Kemampuan penyangga dari atap lapisan - Kekuatan lantai lapisan batubara - Kemampuan daya dukung pilar penyangga. Namun apabila cara manfaat sifat alamiah tersebut sulit untuk dicapai, maka bebe rapa cara penyanggan buatan telah diciptakan oleh ahli tambang. Metode penambangan secara tambang dalam pada garis besarnya dapat dibedakan yaitu:
a. Room and Pillar atau disebut Bord and Pillar
b. Longwall Kedua metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri terutam a pada keadaan endapan batubara yang dihadapi di samping faktor lainnya yang per lu diperhatikan dalam pemilihan metode penambangan tersebut.

jika ingin mendownload kelanjutan dari laporan ini  click icon download di bawah ini

1 komentar: